Mahasiswa Unram Lakukan Sosialisasi Data Science dan Visualisasi Data - www.okenews.net

Kamis, 20 Juni 2024

Mahasiswa Unram Lakukan Sosialisasi Data Science dan Visualisasi Data

Mahasiswa Universitas mataram

Okenews.net--Data science merupakan ilmu yang melakukan pengumpulan, pengolahan dan analisis data untuk memecahkan masalah dan memberikan informasi yang berguna. Sedangkan visualisasi data merupakan salah satu tahapan didalam data science untuk komunikasi informasi, menggambarkan data sesuai tujuan yang diinginkan baik dalam bentuk grafik, tren dan peta.

Banyaknya masyarakat yang belum mengetahui tentang data science dan visualisasi data serta banyaknya perusahaan dan bidang penerapan data science dan visualisasi data perlu di perkenalkan materi ini dalam mempermudah dalam dunia kerja dan perguruan tinggi kedepannya. 

Kegiatan sosialisasi dalam melakukan pengabdian masyarakat pada tanggal 10 Januari 2024 di SMKN 2 Mataram mengenalkan tentang data science dan visualisasi data. Agenda yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu memberikan pengetahuan dan tujuan data science, tahapan dalam melakukan data science dan contoh penerapan data science. 

Sedangkan materi visualisasi data yang diberikan seperti pemahaman, tujuan, jenis-jenis visualisasi, strategi pembuatan, metode dan tools visualisasi data. Setelah memberikan pemahaman tentang data science dan visualisasi data dilakukan praktik penggunaan tools visualisasi data menggunakan tableau public.

Peningkatan pemahaman dapat dilihat dari skor post-test dibandingkan dengan hasil pre-test yang telah diberikan sebelum dan sesudah pemberian materi. Sosialisasi yang dilakukan dapat dilihat peningkatan pemahaman moderat dimana melihat siswa yang sama sekali belum mengetahui tentang data science dan visualisasi data peningkatan pemahaman tersebut sudah baik.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments