Keren, MAN 1 Lotim Raih Juara Olimpiade Ekonomi Syariah di Kendari - www.okenews.net

Kamis, 11 Juli 2024

Keren, MAN 1 Lotim Raih Juara Olimpiade Ekonomi Syariah di Kendari


Okenews.net
- Torehan prestasi kembali ditunjukkan tim Study Club Ekonomi MAN 1 Lombok Timur di bawah binaan dua guru terbaiknya M. Zakaria dan Iftaha Nasthia.

Tim ini sukses terpilih melaju ke babak final dan sukses meraih prestasi juara yakni juara harapan 1 yang diselenggarakan Bank Indonesia di Kendari Sulawesi Tenggara pada 10 sampai 11 Juli 2024.

Pada lomba yang digelar secara rutin tiap tahun oleh Bank Indonesia, MAN 1 Lombok Timur mengirimkan 2 tim binaannya namun yang beruntung lolos terpilih setelah melalui seleksi tahap 1 dan 2 adalah Tim B.

Tim yang digawangi oleh siswa atas nama Muhammad Faidi Tamim XI MIIA 2, Syahnaz Hidayatullah XI MIIA 1 dan Syarah Fadila Assidiqia X-H.

"Alhamdulillah tim kami sukses meraih prestasi juara dengan reward dari panitia berupa medali juara, sertifikat dan dana pembinaan dari Bank Indonesia sebesar 6 juta rupiah," Pembina M. Zakaria yang mendamping siswa ke Kendari Sulawesi Tenggara. 

"Dana pembinaan ini langsung kami ditransperkan oleh Bank  Indonesia disamping akomodasi selama kami do Kendari dan transportasi dibiayai Bank Indonesia," sambungnya. 

Lebih lanjut Zakaria menyampaikan bahwa lomba olimpiade ekonomi syariah ini dilaksanakan dengan tiga tahapan yakni seleksi pertama dan kedua dilakukan secara online (CBT) dengan moda tes.

Mereka menjawab soal pilihan ganda dan cerdas cermat dan lombanya bertim dengan materi soal menyangkut ekonomi mikro dan makro termasuk soal yang cukup banyak terkaitteori dan  implementasi ekonomi syariah di Indonesia. 

Dari ratusan sekolah jenjang SMA/MA dan SMK se Indonesia, Tim MAN 1 Lombok Timur dapat terpilih dan berhak mengikuti pinal lomba di Kendari tepatnya di Gedung  The Park Kendari JL Brigjen M Yoenoes Bende Kota Kendari Sulawesi Tenggara.

"Pembiayaan sepenuhnya dari pihak panitia Bank Indonesia dan tentu pihak madrasah akan terus memberikan support pada kami," tuturnya.

Atas raihan prestasi yang membangggakan ini, kepala MAN 1 Lombok Timur M Nurul Wathoni menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya bahwa ikhtiar guru pembina pembimbing serta siswa.

Berkat pembinaan ektrakurikuler di madrasah telah menuai hasil yang maksimal yakni sukses melaju ke final tingkat nasional di Kendari dan sukses meraih prestasi juara.  

"Kami atas nama pimpinan MAN 1 Lombok Timur juga menyampaikan terima kasih pada pihak Bank Indonesia khususnya Bank Indonesia Wilayah NTB.

Menurutnya, BI selalu memberikan ruang bagi siswa untuk mengasah minat bakatnya dalam bidang ekonomi dan syariah dan termasuk dukungan pembiayaan yang total diberikan. 

Tapi walaupun pembiayaannya telah ditanggung pihak Bank Indonesia, pihak madrasah tetap memberikan support baik moral dan material  nantinya berupa tambahan uang saku dan tentu reward pada capaian pretasi yang diraih melalui program tebus prestasi. 

"Insya Alloh, pihak madrasah tetap komit dan total dalam memberikan dukungan dan ruang bagi siswa untuk terus mengasah minat bakatnya baik akademik  dan non akademik untuk bisa melahirkan siawa yang mandiri berprestasi," ungkap Wathoni.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments