Prodi Penjas Universitas Hamzanwadi Kembali Dapat Panggilan Verifikasi PKKM 2024 - www.okenews.net

Minggu, 21 Juli 2024

Prodi Penjas Universitas Hamzanwadi Kembali Dapat Panggilan Verifikasi PKKM 2024


Okenews.net – Program Studi Pendidikan Jasmani (Penjas) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIF) Universitas Hamzanwadi kembali mendapatkan panggilan untuk verifikasi kelayakan Proposal Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2024 tahun kedua Batch 2. 

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Hanzanwadi Dr Abdullah Muzakar mengatakan proses verifikasi ini merupakan bagian penting dalam rangkaian seleksi proposal PKKM 2024 yang telah diusulkan tim dari kampus.

“Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan proposal yang diajukan oleh tim kampus memenuhi syarat dan standar yang ditetapkan Kemdikbud Ristek. Kegiatan verifikasi ini berlangsung tanggal 19-20 Juli 2024 di Jakarta,” ujar Muzakar, Sabtu (20/07/2024). 

Merujuk pada pedoman, kata Muzakar, PKKM ditujukan untuk memfasilitasi inisiasi transformasi pendidikan tinggi agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa yang saat ini semakit tinggi. 

“Hal ini diwujudkan melalui kerjasama erat dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta top world class universities (QS100 by subject). PKKM ini program kompetisi terbuka, dengan sistem seleksi berkelompok (tiered system),” jelas Muzakar. 

Program ini juga ditujukan untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan tinggi dengan memfasilitasi aspirasi, inovasi, dan semangat sivitas akademika dalam merespon dan mengantisipasi perkembangan IPTEK serta dinamika kehidupan masyarakat yang terjadi. 

Sementara itu Korprodi Penjas Herman Afrian yang hadir dalam dalam presentasi di Jakarta itu mengatakan Prodi Penjas mengusulkan 2 aktivitas dalam mencapai Indikator Kinerja Utama.

Pertama peningkatan kompetensi mahasiswa di luar kampus, melalui: Peningkatan Pengetahuan dan Pengalaman Belajar Mahasiswa di Luar Kampus, Peningkatan Kompetensi Dosen Berlisensi Nasional.

Aktivitas kedua, peningkatan pembelajaran dalam bidang keterampilan dasar atletik, melalui: peningkatan efektivitas pembelajaran, praktisi mengajar, dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Project Based Learning. 


“Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Prodi Penjas melalui PKKM tahun kedua ini akan dilaksanakan mulai bulan Agustus sampai dengan Desember 2024,” pungkas kandidat doktor di Undiksha Singaraja itu.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments