PT. Suryanusa Agromakmur Indonesia Gelar Pelatihan Pestisida Terbatas Untuk Petani Lombok Timur - www.okenews.net

Selasa, 20 Agustus 2024

PT. Suryanusa Agromakmur Indonesia Gelar Pelatihan Pestisida Terbatas Untuk Petani Lombok Timur

Penyulahan dan edukasi penggunaan racun semprot Gramoxone
Okenews.net--Edukasi dan sosialisasi terus dilakukan oleh PT. Syngenta dan PT. Suryanusa Agromakmur bekerjasama dengan dinas pertanian dan kesehatan kabupaten lombok timur  melakukan TOU  Training of User herbisida terbatas pakai (Gramoxone) guna memberikan pemahaman lebih terkait penggunaan Herbisida Terbatas, baik cara pemakain, perlindungan diri dan mencegah kemungkinan terburuk yang akan terjadi, jika terpapar tubuh.

Kegiatan Training of User (TOU) Herbisida Terbatas Pakai Gramoxone dilangsungkan di UPT Pertanian Kecamatan Suralaga,selasa, 20/08/2024.

Dalam acara yang diselenggaeakan, semua unsur turut diundang, baik dari Dinas Pertanian, dan Kesehatan, dengan antusiasme masyrakat sekitar turut mengahadiri dan memperhatikan apa yang di sampaikan para pemateri.

Peserta juga turut diajarkan, bagaimna cara menggunakan tangki semprot yang baik, dari pengaturan Nozel, APD, Masker dan alat pelindungan diri, agar selalu lebih berhati hati.

Fahrullah, perwakilan, PT Suryanusa Agromakmur. Juga dalam penyampaianya mengatakan, Penggunaan Herbisida terbatas harus sesuai prosudur, agar hasil yang di dapat lebih makasimal, diingatkannya juga agar selalau membersihkan tangki semprot setelah di gunakan, dan segera membersihkan diri agar saat bersama keluarga bisa lebih nyaman.

Herbisida merupakan sebuah Obat untuk membasmi Rumput liar yang ada di lahan maupun halaman, maka dari itu dianjurkan membersihkan diri setelah menggukannya. 

Fahrul juga menerangkan cra dan jarak dalam menggunakan tangki semprot, agar tepat sasaran, dan tidak salah dalam menggunakan.

"Ini mrupakan obat pembasmi hama, jadi harus ada cara penggunaan yang baik dan benar. Agar tidak terpapar langsung ke tubuh," terangnya. 

Ia juga turut menerangkan, bagimana penggunaan tanggi dalam Skala satu hektarnya, agar dalam penggunaan tidak berlebihan, dikarnakan dapat berbahaya ke tanaman, juga lingkungan.

Nozel dari tangki juga tak luput dari perhatiannya, baik dari sekala keluar airnya sampai jarak dalam pengaplikasianya.

Ia jga berharap, dalam penyampaianya dalam kegiatan yang berlangsung, agar terus bermanfaat bagi masyarakat, biasa menjadi pedoman untuk masyarakat, agar masyarakat lebih memperhatiakan keshatan dan lingkungan.

"Saya harap dengan edukasi ini masyarakat terus memperhatikan kesehatan, agar tidak asal asal dalam aplikasianya,"tambahnya.

Ia jga turut meyiapkan para pendamping untuk masyrakat jika ada keluhan dalam pengaplikasian semprotnya.

Ditempat yang sama, Seles Eksekutif Wilayah Lombok juga turut menyampaikan herbisida terbatas yang kerap di gunakan petani ini agar digunakan sesuai prosedur, guna maksimalnya hasil yang di dapatkan, khususnya Produk Gramoxone.

"Saya harap ke seluruh petani agar lebih bijak dalam menggunakan, agar hasil panen lebih melimpah, dan tidak terganggu hama maupun rumput liar," ungkapnya.

Namun, dengan edukasi dan sosialisasi yang kerap dilakukan, masyarakat lebih faham dan tau cara menggunakannya.

Turut di ahir acara, para peserta dibagikan sartifikat legalitas dan keabsahan dalam penggunaaan herbisida terbatas, juga turut demplot cara penggunaan tangki semprot, agar lebih memberikan pemahaman yang lebih ke para petani.



Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments