HMPS Pendidikan Sosiologi Universitas Hamzanwadi Gelar Program SMK di Perian - www.okenews.net

Sabtu, 10 Agustus 2024

HMPS Pendidikan Sosiologi Universitas Hamzanwadi Gelar Program SMK di Perian


Okenews.net
- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Sosiologi Universitas Hamzanwadi melaksanakan program Sosiologi Mengabdi Kemasyarakatan (SMK) di Desa Perian, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan dan interaksi sosial yang positif bagi mahasiswa, masyarakat, dan pemerintahan," Koorprodi Pendidikan Sosiologi M Zainul Asror, Jumat (09/08/2024).

Program SMK merupakan inisiatif mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan sosiologi secara praktis dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Kegiatan ini didukung penuh oleh dosen, masyarakat desa, serta pemerintah setempat.

Pembina HMPS Pendidikan Sosiologi Huldya Syamsiar menambahkan program SMK dirancang untuk memperkuat peran mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 9 - 23 Agustus 2024.

"Melalui program ini, kami ingin membangun kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam memajukan desa. Kami juga berharap pengalaman ini dapat memperkaya wawasan dan keterampilan sosial mahasiswa," ujar kandidat doktor Undiksha Singaraja itu .

Huldya juga menegaskan, SMK momentum berharga bagi mahasiswa untuk menerapkan teori sosiologi dalam situasi nyata. Program ini membantu mahasiswa memahami tantangan sosial yang dihadapi masyarakat dan mereka diharapkan berkontribusi dalam menciptakan solusi.

Rangkaian kegiatan SMK ke-9 tahun dengan mengusung slogan "Dari Masyarakat akan Kembali ke Masyarakat" ini dimulai dengan agenda Sosialisasi Kesehatan dan Pencegahan Pernikahan Dini di Dusun Pesisok, Desa Perian. 

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama dengan RS Lotim Medical Center dengan narasumber dr. Nurmarani Fatin Hafifatin. Sosialisasi yang berlangsung pada pagi hari ini tampak disambut antusias oleh masyarakat, terutama ibu-ibu yang berbondong-bondong mengikuti kegiatan tersebut. 

Topik tentang kesehatan dan pencegahan pernikahan dini menjadi perhatian utama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan kesehatan dalam kehidupan keluarga.

Pada siang harinya, kegiatan dilanjutkan dengan acara pembukaan resmi SMK di Kantor Desa Perian. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Perian, H. Abdul Muhit, S.Pd., yang memberikan sambutan hangat. 

Dalam sambutannya, H. Abdul Muhit mengapresiasi inisiatif mahasiswa dan menyambut baik kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian nyata kepada masyarakat. 

Ia juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk terus semangat dalam belajar dan mengembangkan pengetahuan, serta menekankan pentingnya kontribusi nyata bagi kemajuan masyarakat.

Kegiatan SMK ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Perian sekaligus menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah dalam konteks nyata. 

Dengan semangat "Dari Masyarakat akan Kembali ke Masyarakat", kegiatan ini menjadi salah satu bentuk nyata dari pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments