Mahasiswa PMM Kelompok 63 Ikut Serta Bantu Kegiatan Posyandu Balita dan Lansia - www.okenews.net

Kamis, 29 Agustus 2024

Mahasiswa PMM Kelompok 63 Ikut Serta Bantu Kegiatan Posyandu Balita dan Lansia

Kelompok 63 Universitas Muhammadiyah Malang
Okenews.net--Mahasiswa PMM Kelompok 63 dari Universitas Muhammadiyah Malang ikut serta membantu kegiatan posyandu balita dan lansia di Desa Ngiliran. Acara berlangsung pada hari Kamis, 8 Agustus 2024 bertempat di Desa Ngiliran tepatnya di Dusun Gandu. Kegiatan posyandu ini diikuti oleh balita, lansia, serta dihadiri oleh ibu kader, perwakilan dari puskesmas kecamatan Panekan dan beberapa perangkat Desa. Kegiatan posyandu pada Desa Ngiliran diadakan rutin 1 bulan sekali.

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) adalah salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang berbasis komunitas di Indonesia. Posyandu berfokus pada pemeliharaan kesehatan balita, ibu hamil, ibu menyusui, serta lanjut usia (lansia). Kegiatan ini tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan individu, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan. Partisipasi masyarakat dalam kegiatan Posyandu sangat vital dan memiliki berbagai manfaat.

Posyandu yang diadakan Desa Ngiliran ini bertujuan sebagai pusat kesehatan komunitas yang menyediakan layanan seperti pemeriksaan kesehatan, imunisasi, pemantauan tumbuh kembang anak, serta penyuluhan kesehatan. Bagi balita, Posyandu berperan dalam mendeteksi dini masalah kesehatan seperti gizi buruk atau keterlambatan perkembangan. Sedangkan bagi lansia, Posyandu menawarkan pemeriksaan rutin yang membantu memantau kondisi kesehatan mereka, seperti tekanan darah, gula darah, serta memberikan informasi tentang pola hidup sehat.

Acara dimulai dengan pendataan identitas dan absensi kehadiran balita dan lansia yang dilakukan oleh Desty Amelia Damayanti dan Kinanti Shafanafisa Pramesti selaku anggota kelompok PMM kami, dilanjut dengan pendataan kesehatan yang didapat setelah penimbangan berat badan, pengecekan tensi dan pengukuran lebar pinggang yang dilakukan oleh Farasya Latifa Zahrah selaku Koordinator kelompok PMM kami. Kegiatan selanjutnya, diadakan sosialisasi tentang mencegah penyakit TBC yang dilakukan oleh salah satu ibu Kader Desa Ngiliran yang ditujukan untuk para lansia. Selanjutnya para balita dan lansia yang telah melakukan tahap pendataan, diberikan gizi berupa makanan telur rebus, susu, jeruk, kue naga sari dan para balita juga diberi Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, pertumbuhan, serta sistem kekebalan tubuh balita pembagian gizi dan Vitamin A ini dilakukan oleh Anggi Khairina Cindy dan Brilliant Budi Nurani selaku anggota PMM kelompok kami.

Dengan adanya kegiatan posyandu di Desa Ngiliran memberikan banyak manfaat bagi balita dan lansia yang tinggal di Desa tersebut, untuk balita posyandu bermanfaat untuk memantau kesehatan rutin, pemberian imunisasi untuk mencegah penyakit, memberikan nutrisi yang sesuai dan pendidikan kesehatan yang baik bagi balita. Sedangkan untuk para lansia, posyandu sangat memberikan manfaat berupa pemeriksaan kesehatan yang rutin, informasi dan dukungan mengenai penyakit kronis yang dimiliki, serta peningkatan kualitas hidup melalui kegiatan sosial dan kesehatan bagi para lansia.

Kegiatan Posyandu merupakan salah satu upaya penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Indonesia, terutama bagi balita dan lansia. Partisipasi aktif dari masyarakat sangatlah penting untuk menjamin keberhasilan dan keberlanjutan program ini. Dengan membantu kegiatan Posyandu, baik melalui tenaga, waktu, maupun sumber daya, kita berkontribusi pada terciptanya masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments