Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang Mengabdi untuk Transformasi Digital - www.okenews.net

Senin, 19 Agustus 2024

Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang Mengabdi untuk Transformasi Digital

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Okenews.net-- Desa Sumberkembar terletak di Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar,Provinsi Jawa Timur. Desa ini memiliki keadaan geografis dengan berbagai bentang alam dan kekayaan sumber daya alam yang dapat dikembangkan.

Luas wilayah Desa Sumberkembar mencapai 17,22 km2 atau 22,4% dari total luas kecamatan Binangun yang terbagi menjadi 3 dusun. Ekonomi Desa Sumberkembar didominasi oleh sektor pertanian dan beberapa penduduk juga terlibat dalam usaha kecil dan menengah yang bergerak di bidang usaha perdagangan salah satunya Toko Pertanian Mutiara Tani.

Toko pertanian tersebut memiliki posisi, manfaat, dan keterlibatan yang sangat penting bagi masyarakat Desa Sumberkembar yang dominan bermata pencarian sebagai petani.Meskipun demikian, masih terdapat tantangan dalam hal akses terhadap pasar,inovasi UMKM, dan perkembangan teknologi yang menghambat pengembangan UMKM desa secara optimal.

Melihat berbagai faktor dan masalah tersebut, kami akan mengadakan program pengabdian masyarakat yang berjudul  "Optimalisasi Pemasaran dan Inovasi Digital untuk Peningkatan Penjualan dan Produktivitas serta Branding UMKM".

Proposal ini bertujuan untuk memperluas saluran penjualan UMKM melalui platform e-commerce dan media sosial, meningkatkan keterampilan pemasaran digital dengan menggunakan aplikasi desain gratis seperti canva, serta membangun jaringan dan kolaborasi yang dapat menguntungkan UMKMMelalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberdayakan UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital secara optimal, mendorong inovasi, dan menciptakan ekosistem bisnis yang lebih dinamis dan kompetitif

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments