Umi Rohmi Lepas Duta SDGs ke Korea Selatan - www.okenews.net

Sabtu, 10 Agustus 2024

Umi Rohmi Lepas Duta SDGs ke Korea Selatan


Okenews.net
- Rektor Universitas Hamzanwadi Dr. Hj Sitti Rohmi Djalilah melepas keberangkatan Baiq Helmalya Roshita ke Korea Selatan, Rabu (07/08/2024).

Mahasiswi Prodi Pendididikan Bahasa Inggris Universitas Hamzanwadi ini dilepas untuk mengikuti program Asia Pacific SDGs Youth Summit (APSYS).

Kehadiran Baiq Helmalya Roshita di Korea Selatan selama beberapa hari (11-14 Agustus 2024) itu mewakili kampus sekaligus NTB dan Indonesia sebagai Duta SDGs.

“Tampilnya Baiq Helmalya Roshita di kancah internasional menunjukkan kesetaraan gender yang sangat terbuka untuk ikut berkiprah memajukan suatu daerah atau negara,” ujar Umi Rohmi.

Ia menegaskan, kesetaraan gender merupakan hak asasi manusia yang masih menjadi isu yang kompleks di Indonesia.

Padahal perjuangan Kartini dan pahlawan perempuan lainnya telah membawa perubahan signifikan, namun masih banyak perempuan yang mengalami diskriminasi, stigmatisasi, dan kekerasan.

Rohmi menyampaikan bahwa perempuan harus memiliki kesempatan yang sama dalam memainkan peran untuk menghilangkan stigma yang sudah mengakar di masyarakat.

Terutama terkait keterbatasan ruang gerak perempuan pada sektor publik baik di dunia pendidikan ataupun pemerintahan. Perempuan juga memiliki kemampuan luar biasa.

Doktor jebolan UNJ itu menekankan, pemahaman akan pentingnya kesetaraan gender masih belum sepenuhnya tercapai di Indonesia termasuk di beberapa negara lainnya di dunia.

Oleh karena itu, project tentang edukasi gender berbasis usia sangat relevan sebagai problem solving (penyelesaian masalah) yang tepat terhadap isu gender harus terus disuarakan.

“Kami mengajak seluruh perempuan untuk berani tampil di depan, sebab kesetaraan gender bisa dimulai dari lingkungan keluarga dan organisasi,” ulasnya.

Dalam konteks internasional, empat negara dengan kesetaraan gender terbaik di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa perjalanan menuju kesetaraan gender masih panjang sekaligus memberikan harapan untuk perubahan positif.

“Kesetaraan gender bukan hanya hak perempuan, tetapi keadilan yang harus diperjuangkan bersama untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan inklusif,” papar calon Gubernur NTB itu.

Tak lupa, Umi Rohmi mengucapkan selamat kepada Baiq yang akan mengikuti kegiatan SDGs di bidang gender tersebut dengan harapan tercatat meriah prestasi di kancah internasional.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments