Tampilkan Kreasi Pernikahan Sasak, Paskib MAN 1 Lotim Raih Juara Nasional - www.okenews.net

Senin, 21 Oktober 2024

Tampilkan Kreasi Pernikahan Sasak, Paskib MAN 1 Lotim Raih Juara Nasional

Okenews.net - Paskib MAN 1 Lotim kembali memukau publik dengan menampilkan perpaduan unik antara pernikahan adat Sasak dan seni musik gendang blek dalam variasi formasi yang memukau hingga meraih juara nasional.

Lomba ini tidak hanya soal prestasi, tapi dalam rangka menambah kemampuan dan mental tanding siswanya, MAN 1 Lotim. Karena itu, tim paskib MAN 1 Lotim kembali mengikuti lomba tingkat nasional.

Lomba itu berlangsung di lapangan SMAN Gedeg Mojokerto Jawa Timur yang berlangsung pada 18 sampai 20 Oktober 2024 memperebutkan piala Kemenpora RI yang diikuti oleh tim paskib pulau Jawa, Bali dan NTB. 

Pada lomba ini, tim paskib MAN 1 Lotim menurunkan 17 siswa didampingi 1 pembina M. Sardi Akbar dan pelatih tim paskib Ahmada Fathoni.

Pada lomba ini tim paskib MAN 1 Lotim sukses meraih juara utama 3 nasional karena sukses meraih 4 prestasi juara yakni  ⁠Juara 1 Variasi Formasi Terbaik, Juara 3 PBB Terbaik, Juara 3 Pelatih Terbaik dan  ⁠Juara Harapan Perintis. 

"Dengan torehan prestasi yang didapatkan ini, tim paskib MAN 1 Lotim berhasil.membawa sertifikat juara, piala dan dana pembinaan serta piala bergilir Kemenpora RI," ungkap M Sardi. 

Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menyampaikan bahwa pihak madrasah terus mendorong dan memfasilitasi siswa dan guru guru untuk bisa ikuti berbagai ragam lomba.

Lomba mulai jenjang kabupaten, provinsi, nasional dan internasional dalam rangka mengasah dan meningkatkan kemampuan serta pengalaman tanding siswa. 

Menurutnya pengalaman dan kemampuan akan semakin meningkat dan terasah ketika banyak mengikuti event dan kali ini pihaknya mendorong dan fasilitasi untuk mereka ikuti lomba paskib di tingkat nasional.

"Alhamdulillah berhasil meraih prestasi juara termasuk kita apresiasi karena tum paskib MAN 1 Lotim ini menampilkan kreasi pernikahan sasak dan gendang blek dalam formasi dan variasinya," ujar Wathoni. 


Walaupun pembiayaannya lumayan, kata Wathoni, tapi keikutsertaan lomba ini menjadi beban pihak madrasah. 

Pihak madrasah hanya minta partisipasi wali murid untuk uang saku siswa sedangkan pembiayaan berupa transportasi, akomodasi dan lainnya ditanggung pihak madrasah. 

"Insya alloh selalu ada jalan kalau kita ikhtiar untuk prestasi siswa," tegas Wathoni. 

Berikut daftar tim paskib MAN 1 Lotim yang ikuti lomba antara lain ; 

  1. M. Adib Naupal Dayis (XI A)
  2. Muh. Abdur Razaq Al Ghani⁠ (XI E )
  3. Fayyad Ghozy Antari (XI A)
  4. ⁠Sayyid Azizu (XI E)
  5. Muhammad Al-fatih Ali (XI D)
  6. Lalu Fahreza Rizkian Rahman (XI H)
  7. Saqilla Nurfitri Yulinda (XI F)
  8. Aziza Fikria ( XI D)
  9. Aulia Sofa ( XI C)
  10. ⁠Muh. Muzayyin Qutbi (X)
  11. Ahmad Zaki Anwar ( X D )
  12. ⁠Septia Ramdani ( X )
  13. Nauly Aulia Ayunda ( X )
  14. Akbar Pratama ( XI B )
  15. Fatahul Ihsan (XI B)
  16. Muh. Ariful Hakim (XI B)
  17. Wuraqul Wusqo (XI D)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments