Fokus Lombok Timur: Dirut PDAM Paparkan Upaya Strategis Sejak Pertama Masuk Kerja - www.okenews.net

Sabtu, 11 Januari 2025

Fokus Lombok Timur: Dirut PDAM Paparkan Upaya Strategis Sejak Pertama Masuk Kerja

Okenews.net- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur kini tengah menjadi sorotan publik setelah pergantian direksi baru. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk membawa angin segar dan perbaikan dalam manajemen perusahaan, yang selama ini diketahui mengalami sejumlah tantangan, termasuk persoalan kerugian finansial.

Direksi yang baru sepekan lebih dilantik diharapkan mampu menjawab sejumlah tantangan dengan strategi inovatif dan pengelolaan yang lebih efektif. Mulai peningkatan sumberdaya manusia hingga meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sekaligus memperbaiki neraca keuangan perusahaan yang selama ini dikritik masyarakat.

Diskusi yang digelar Forum Diskusi (Fokus) Lombok Timur berlangsung Jumat (10/01/2025) dihadiri berbagai elemen masyarakat, akademisi. Hadir juga Direktur Utama Sopyan Hakim, Direktur Umum Helmi Saputra, Dewan Pengawas PDAM, Kabag Ekonomi, dan anggota komisi III DPRD Lombok Timur.

Direktur Utama Sopyan Hakim menyampaikan akan berusaha mejalankan amah dengan baik, belajar dari lapangan. Ia mengibaratkan pertarung di medan perang, bahwa sehebat apapun senjata yang dimiliki tapi kalau kita tidak memahami medan akan mengalami kekalahan.

Sebagai salah satu perusahaan daerah dengan tujuan supaya mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya, Lalu timbul pertanyaan bagaimana caranya? “Caranya adalah kita memulai memperhatikan sumber daya manusia yang ada,” ungkap Sopyan Hakim.

Ia menilai personalia di dalam PDAM ternyata tidak punya semangat yang sama, mulai dari yang terbawah sampai yang teratas sehingga dalm pidatonya di hari pertama di apel ia mengajak semua personalia menumbuhkan semangat yang sama, transparan dan tidak boleh ada saling bisik-bisik di belakang.

Ia juga menuturkan beberpa langkah strategis pembenahan mulai hari pertama masuk kerja, ia membenahi sejumlah fasilitas kantor untuk memudahkan pengawasan seperti pembenahan presensi, CCTV diaktifkan dan menaruh monitornya di dalam ruangan dirut agar semua aktivitas terpantau dengan baik.

“Alhamdulillah kita jalankan dan sudah dipasang hari pertama, selanjutnya mengaktifkan pengawasan 14 cabang dari 21 kecamatan yang kita punya, sehingga dapat kita deteksi dengan cepat, siapa yang hanya jadi kasir-kasiran, siapa yang memang serius bekerja untuk melayani masyarakat kabupaten Lombok Timur,” ujarnya.

Langkah selanjutnya menertibkan pembayaran pelanggan yang jumlahnya sebanyak 31 ribu jaringan terpasang terutama pelanggan yang menjadi aparatur sipil negara (ASN). Datanya sekitar 5 ribuan diharapkan menjadi taulada pelanggan lain dalm pembayaran yang tepat waktu.

Untuk melakukan itu, pihaknya berkerja sama dengan pihak perbankkan untuk pemotongan gaji secara langsung. Setelah diskusi dengan pihak bank menyatakan setuju. Setelah itu bersurat ke Pj Bupati Lombok Timur untuk menginstruksikan kepada semua ASN yang menjadi pelanggan PDAM bisa dipotong langsung oleh bank. “Alhamdulillah pak Bupati dengan tegas mengatakan kami juga setuju,” tuturnya.

Melalui kebijakan ini, ia berharap dapat mempermudah pembayaran tagihan air, sekaligus meningkatkan kepatuhan dalam melakukan pembayaran tepat waktu. Langkah ini merupakan upaya konkret untuk memastikan bahwa pelayanan PDAM kepada masyarakat berjalan lebih efisien dan transparan. Pihaknya juga berharap ini dapat menjadi contoh bagi pelanggan lainnya untuk mengikuti jejak ASN dalam disiplin membayar tagihan air.

PDAM Lombok Timur juga optimistis bahwa dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah daerah, pihak perbankan, dan seluruh elemen internal perusahaan dapat mengurangi tingkat tunggakan pembayaran dan meminimalisir kerugian yang selama ini menjadi masalah utama.

Lebih lanjut ia menegaskan, sejak dilantik sebagai dirut banyak mendengar kritik bahkan cenderung memandang sebelah mata, meragukan pembenahan PDAM yang selama ini banyak isu miring namun banyak juga sanjungan dari berbagai pihak. "Semua itu merupakan vitamin. Kami berharap dukungan semua masyarakat agar PDAM ini lebih baik," harapnya.


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments