Keren, 4 Siswa MAN 1 Lotim Lulus Jurusan Kedokteran Melalui SNBP dan SNBT - www.okenews.net

Jumat, 02 Agustus 2024

Keren, 4 Siswa MAN 1 Lotim Lulus Jurusan Kedokteran Melalui SNBP dan SNBT

Siswa MAN 1 Lotim yang lulus di kedokteran (photo istimewa)  
Okenews.net - Salah satu komponen dasar dalam mengukur kualitas dan prestasi sekolah atau madrasah adalah mutu lulusan yang di dalamnya.

Mutu sekolah dapat diukur dari seberapa besar jumlah siswanya diterima oleh perguruan tinggi negeri terbaik dan berbagai komponen lainnya.

Dengan mengacu pada hal tersebut, wajar kalau MAN 1 Lotim telah menunjukkan kelasnya sebagai madrasah mandiri berprestasi.

Moment penerimaan mahasiswa masuk PTN melalui jalur prestasi/jalur raport yang populer disebut seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2024.

"Dari dua jalur masuk ini kita berhasil mengantarkan 115 siswanya lulus di berbagai PTN terbaik di tanah air," ujar Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni, Jumat (02/08/2024).

Pergurun tinggi itu di antaranya, UI, UGM, UNY Yogyakarta, UNESA Surabaya, UNM Malang, UIN Malang, Univisitas Udayana, Bali, Undiksh Singaraja Bali, Unram dan berbagai PTN terbaik lainnya.

Dari sisi jurusan tempat para siswa lulus juga cukup bonafit karena menjadi incaran siswa se Indonesia seperti kedokteran, farmasi, tehnik sipil, hubungan internasional, psykologi, hukum, akuntansi dan lain lain.

Dari dua jalur penerimaan mahasiswa baru ini 4 siswa MAN 1 Lotim sukses lulus di jurusan kedokteran yakni Harini Annisa Ramadhani XII IPA 2 Kedokteran Gigi Universitas Udayana Bali, Dinda Rahma Ayu 12 IPA 1 Pendidikan Dokter di  Universitas Mataram, dan Erina Haqqul Bariyah XII IPA-1 Pendidikan Kedokteran di Universitas Mataram dan Alfian Azizi XII IPA.2 di Kedokteran UNY Yogyakarta.

Wathon menegaskan, pengumuman hasil SNBP ini dilaksanakan pada Selasa 26 Maret 2024 sedangkan pengumuman kelulusan jalur Tes (SNBT) dilaksanakan pada 15 Juni 2024. 

"Hasilnya patut kita banggakan karena untuk bisa lulus SNBP maupun SNBT untuk masuk PTN terbaik melalui jalur prestasi," ujarnya.

Ia menyebutkan, saat tes terdapat persaingan yang sangat ketat terutama di jurusan-jurusan yang selama ini paling diburu siswa.

Namun menurutnya, pihak madrasah sejak awal memang fokus untuk mendorong para siswa untuk bisa punya banyak prestasi baik akademik maupun non akademik agar bisa masuk nantinya di PTN melalui jalur SNBP dan SNBT. 

"Alhamdulillah  ikhtiar bapak ibu guru, para pembina prestasi di MAN 1 Lotim menuai hasil terbaik karena suksesnya para siswa berprestasi ini bisa lulus di PTN terbaik," ucapnya.

Ia juga berharap agar para siswa yang lulus bisa sungguh-sungguh mengikuti studinya dengan baik agar bisa cepat selesai dan terus meningkatkan kualitas dirinya agar bisa menjadi generasi bangsa yang bermanfaat  bagi dirinya, keluarga, agama, dan nusa bangsa.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments