Media Pembelajaran Sosioboom Antarkan Guru MAN 1 Lotim Raih Juara Tingkat Nasional - www.okenews.net

Minggu, 15 September 2024

Media Pembelajaran Sosioboom Antarkan Guru MAN 1 Lotim Raih Juara Tingkat Nasional

Hj Siti Surodian, M.Pd (foto dokumen istimewa))
Okenews.net -- Hj. Siti Surodiana, M.Pd, guru MAN 1 Lombok Timur (Lotim) Nusa Tenggara Barat (NTB) meraih juara dua lomba karya tulis ilmiah guru tingkat nasional yang digelar Universitas Negeri Surabaya (Unesa), 13 September 2024 lalu.

Surodiana yang juga pembina prestasi MAN 1 Lotim itu mengangkat judul “Pengaruh Penggunaan Media Sosioboom pada Pembelajaran Sosiologi di MAN 1 Lotim guna Mewujudkan Masyarakat Inklusif di Era Digital.”

Pencapaian ini tentu tidak hanya mengangkat nama Hj. Siti Surodiana sebagai pribadi tetapi membawa nama MAN 1 Lotim dan juga daerah termasuk NTB sebagai institusi pendidikan yang inovatif dalam pembelajaran.

“Saya sangat bersyukur dan merasa terhormat menerima penghargaan ini. Prestasi Ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi semua pihak di MAN 1 Lotim yang mendukung inovasi dalam proses pembelajaran,” kata Hj. Siti Surodiana, Ahad (15/08/2024) di Selong.

Ia menegaskan, socioboom merupakan media digital berbasis sosial yang memungkinkan siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran kolaboratif, berbagi informasi, dan mengembangkan pemahaman sosial yang lebih luas.

“Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan media socioboom dalam pembelajaran sosiologi di MAN 1 Lombok Timur (Lotim) dalam rangka mewujudkan masyarakat inklusif di era digital,” ujarnya.

Melalui pemanfaatkan teknologi digital, pembelajaran sosiologi diharapkan dapat diakses oleh semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, guna menciptakan lingkungan belajar yang inklusif.

Hasil penelitian menunjukkan penggunaan socioboom tidak hanya meningkatkan pemahaman materi sosiologi, tetapi memfasilitasi terciptanya kesadaran sosial, toleransi, dan keragaman dalam komunitas sekolah.

“Kesimpulannya, socioboom memiliki potensi besar dalam mendukung pendidikan inklusif di era digital dengan memperkuat nilai-nilai kebersamaan, partisipasi aktif, dan akses pendidikan yang lebih merata,” papar Hj Dian.

Ia percaya bahwa teknologi seperti Sosioboom dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kualitas pendidikan dan membantu siswa dalam memahami konsep-konsep sosiologi secara lebih mendalam dan aplikatif.

“Harapan kami adalah penelitian ini dapat menjadi sumber inspirasi atau regernsi bagi pendidik di seluruh Indonesia untuk terus mengeksplorasi dan memanfaatkan teknologi dalam mengatasi tantangan pendidikan di era digital,” harapnya.

Dengan kerja sama dan inovasi, pihaknya yakin dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan zaman, serta membantu mewujudkan masyarakat yang lebih inklusif dan kritis.

Prestasinya ini, Hj Dian sukses meraih piala, sertifikat, dan uang pembinaan, ditambah reward dari pihak madrasah sebagai bentuk suport dan motivasi agar kedepan semua siswa dan tenaga pendidik di MAN 1 Lotim.

“Suport dari madrasah ini agar semua siswa dan guru semakin semangat berikhtiar meningkatkan kualitas diri melalui torehan prestasi baik pada bidang akademik dan non akademik,” kata Kepala MAN 1 Lotim M. Nurul Wathoni.

Wathoni menegaskan, suport ini tidak hanya berupa fasilitas dan sarana prasarana, tetapi juga meliputi berbagai program pelatihan dan pembinaan yang dirancang untuk memacu kreativitas dan kemampuan siswa serta guru.

Selain itu, MAN 1 Lotim juga aktif menjalin kerjasama dengan berbagai institusi. Kerjasama ini bertujuan untuk menghadirkan berbagai peluang yang bermanfaat bagi siswa dan guru, seperti lomba-lomba akademik dan non-akademik, workshop, serta seminar.

"Kami percaya bahwa dengan berbagai peluang ini, para siswa dan guru akan lebih termotivasi untuk meraih prestasi dan berkontribusi lebih besar dalam bidang yang mereka tekuni," ujar Kepala Madrasah.

Ia juga yakin, kerja keras dan dedikasi seluruh pihak, madrasah ini akan mampu melahirkan generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki keterampilan dan karakter yang kuat untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments